Selamat datang di jurnal perpajakan Scientax, Jurnal Kajian Ilmiah Perpajakan Indonesia. Scientax diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian, baik secara teori maupun empiris, atas isu dan problematika seputar perpajakan di Indonesia maupun komparasi dengan negara lain untuk mengembangkan diskursus mengenai perpajakan di Indonesia.

Scientax merupakan kependekan dari scientific taxation. Dalam bahasa Inggris, scientific mempunyai makna ‘ilmiah’ dan taxation mempunyai makna ‘perpajakan’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan bahwa:

  1. ‘ilmiah’ mempunyai makna bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan;
  2. ‘perpajakan’ memiliki makna ‘hal-hal yang berhubungan atau berkaitan dengan pajak’.

Dengan demikian jurnal Scientax (scientific taxation) memiliki makna luas sebagai jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian tentang pajak yang dilakukan dengan menggunakan kaidah ilmu pengetahuan yang meliputi berbagai bidang terkait pajak. Ruang lingkup penelitian ilmiah perpajakan dalam jurnal ini meliputi sebagai berikut:

  • Administrasi dan kebijakan perpajakan di Indonesia, termasuk komparasinya dengan administrasi pajak di wilayah yurisdiksi lainnya di dunia, meliputi: peraturan perpajakan, edukasi perpajakan, layanan perpajakan, teknologi dan informasi perpajakan, penegakan hukum perpajakan serta manajemen SDM dan Organisasi institusi perpajakan; dan
  • Problematika dan isu kontemporer seputar perpajakan pada lingkup nasional maupun global.

Scientax juga merupakan penggabungan dari kata scient yang dalam bahas Latin bermakna ‘tahu’ dan tax yang bermakna ‘pajak’, sehingga makna keseluruhan adalah ‘tahu pajak’. Makna ini sejalan dengan tujuan program Inklusi Kesadaran Pajak. Rasa keingintahuan tentang pajak dapat diwujudkan melalui riset dan pengembangan di bidang perpajakan yang pada akhirnya akan menambah pengetahuan dan wawasan perpajakan bagi masyarakat.

Kata ‘Indonesia’ menunjukkan bahwa jurnal ini dikelola oleh institusi yang berdomisili di Indonesia. Selain itu, juga dimaksudkan bahwa keberadaan jurnal ini sebagai kontribusi Indonesia dalam pengayaan pengetahuan perpajakan baik untuk perkembangan perpajakan di Indonesia maupun untuk perkembangan perpajakan dunia, serta sebaliknya yaitu menyerap pengetahuan perpajakan dari luar negeri untuk pengayaan pengetahuan perpajakan yang dapat diaplikasikan di Indonesia.

Logo SADAR PAJAK, menggambarkan bahwa pengelolaan jurnal ini merupakan salah satu inisiatif dari program Inklusi Kesadaran Pajak. Program Inklusi Kesadaran Pajak bertujuan untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 yang Cerdas dan Sadar Pajak melalui penanaman kesadaran pajak kepada peserta didik yang dilakukan sejak dini. Warna kuning pada logo SADAR PAJAK dan huruf ‘t’ bermakna bahwa dana pajak digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa.

Tujuan diterbitkannya jurnal ini di antaranya adalah untuk mendokumentasikan informasi dan gagasan yang mutakhir dan berkualitas terkait perpajakan di Indonesia. Setiap artikel yang diterbitkan di Scientax merupakan artikel hasil kajian dan riset yang bersumber dari studi literatur, review literatur, penelitian lapangan, best practice dan/atau kombinasi dari setiap kegiatan ilmiah tersebut. Informasi yang terkandung dalam setiap artikel mengandung unsur keterbaruan, keaslian dan kemanfaatan, baik akademis maupun praktis.