Scientax, Jurnal Kajian Ilmiah Perpajakan Indonesia, merupakan jurnal ilmiah perpajakan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian, baik secara teori maupun empiris, atas isu dan problematika seputar perpajakan. Setiap artikel yang diterbitkan di Scientax merupakan artikel hasil kajian dan riset yang bersumber dari studi literatur, review literatur, penelitian lapangan, best practice dan/atau kombinasi dari setiap kegiatan ilmiah tersebut. Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Scientax telah melalui proses review, evaluasi dan penyuntingan oleh Dewan Redaksi, Mitra Bestari dan Anggota Staf Editorial. Jurnal Scientax diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Oktober dan April, dan terbuka untuk umum, praktisi, peneliti, pegawai, dan pemerhati masalah perpajakan.

Announcements

Current Issue

Vol 1 No 1 (2019): Oktober: Law Enforcement dan Kepatuhan Menuju Tertib Pajak

Dinamika perubahan dunia perpajakan berkembang dengan sangat cepat. Pesatnya laju perubahan tersebut merupakan respons terhadap kebutuhan dunia yang bergerak maju dan untuk itu wajib diikuti dan diantisipasi potensi dampak dan permasalahannya. Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sebagai institusi terbesar perpajakan Negara berkontribusi menjawab tantangan perubahan tersebut dengan bersuara seimbang secara ilmiah sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk itu jurnal Scientax sebagai jurnal ilmiah perpajakan DJP hadir dengan mengupas rangkaian isu terkini dunia perpajakan.

Edisi perdana Scientax ini mengupas perkembangan terkini seputar kepatuhan pajak. Review terkait pelaku penghindaran pajak di Indonesia dan apakah kerahasiaan keuangan mendorong terjadinya pemindahan lokasi laba usaha merupakan dua topik utama yang dihadirkan. Selain itu peran DJP sebagai penegak hukum transformatif dan bagaimana upaya otoritas pajak dengan otoritas anti korupsi bekerjasama untuk mewujudkan tingkat kepatuhan yang lebih baik tentunya menarik disimak. Turut melengkapi, artikel teknis terkait penentuan prioritas audit pajak berdasarkan metode statistika dan kupasan frasa “dapat dilaksanakan” dalam regulasi perpajakan memperkaya ruang lingkup edisi perdana Scientax.

Published: 2019-10-14
View All Issues