TAXATION CALL FOR PAPER 2022

2022-05-09


I. Umum

Taxation Call for Paper 2022 yang akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak
(DJP) Kementerian Keuangan bertujuan untuk:

  1. Menyukseskan program inklusi perpajakan.
  2. Memberikan research environment yang bertema perpajakan.
  3. Menjadi bahan masukan untuk perumusan kebijakan perpajakan.
  4. Memberikan ruang kepada para peneliti dan akademisi untuk melakukan riset/kajian ilmiah perkembangan kebijakan perpajakan untuk meningkatkan tata kelola perpajakan Indonesia;
  5. menyebarluaskan informasi hasil penelitian para pejabat, pegawai, akademisi, mahasiswa, praktisi, serta pihak lain yang membutuhkan.

II. Tema

Road to G20 Indonesian Presidency: Achieving a Stronger and More Sustainable World Recovery through International and National Tax Reform

III. Subtema

  1. Kepatuhan Perpajakan
  2. Peraturan Perpajakan
  3. Teknologi Informasi Perpajakan
  4. Sumber Daya Manusia dan Organisasi
  5. Edukasi Perpajakan
  6. Layanan Perpajakan
  7. Penegakan Hukum Perpajakan
  8. Proses Bisnis Perpajakan
  9. Perpajakan Internasional


IV. Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada tautan

V. Ketentuan Umum

  1. Naskah berupa hasil penelitian, pemikiran dan/atau kajian kritis terhadap aspek perpajakan, yang belum pernah dipublikasikan dalam media publikasi lain.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jumlah kata dalam abstrak sebanyak 150—200 kata. Abstrak harus diikuti dengan 3—5 kata kunci.
  3. Naskah ditulis dengan menggunakan templat penulisan yang sudah disediakan oleh penyelenggara. Fail dapat diunduh pada laman ejurnal.pajak.go.id dan tautan
  4. Sitasi dan daftar pustaka menggunakan gaya American Psychological Association (APA).
  5. Naskah di kirim dalam format fail Microsoft Word (.docx atau ekstensi RTF)
  6. Naskah dikirim paling lambat tanggal 31 Juli 2022 pukul 23.59 WIB.

VI. Ketentuan Khusus

Ketentuan lebih lanjut mengenai pedoman penulisan naskah ilmiah perpajakan dapat dilihat dan diunduh pada tautan

VII. Alur Pengiriman Naskah

  1. Peserta login atau membuat akun baru pada laman ejurnal.pajak.go.id.
  2. Peserta menggunggah fail naskah ilmiah dan surat pernyataan penulis melalui menu "make a submission". Fail surat pernyataan dapat diunduh pada tautan
  3. Peserta menyelesaikan proses pengumpulan (submit) naskah dan akan menerima surel tanda terima naskah.

VIII. Presentasi Finalis

  1. Peserta yang terpilih sebagai finalis mempresentasikan naskah ilmiah dengan bahasa Inggris pada sesi paralel.
  2. Materi presentasi disajikan dalam satu salindia berbahasa Inggris.
  3. Ketentuan teknis presentasi lebih lanjut akan disampaikan kemudian oleh panitia.

Terima kasih atas partisipasi Saudara dalam penulisan dan/atau penyebarluasan pengumuman ini.